T-SHIRT - POLO SHIRT - KEMEJA - SERAGAM KANTOR - JACKET - SWEATER - HOODIE - TAS - TOPI - PAYUNG - BAJU RENANG - BAJU SENAM - PAKAIAN TRAINING - STELAN BAYI - SABLON - BORDIR - KERTAS SUBLIM - KERTAS KALKIR - LASER FILM - INKJET FILM - STICKER - PERCETAKAN - OFFSET - HANGTAG - BROSUR - FLYER - PACKAGING

Tuesday, January 11, 2011

SUPER WHITE

InsightViqtorique








Super White atau sebutan akrabnya SW, adalah salah satu teknik sablon yang agak susah dimengerti. Masalahnya, banyak yang salah kaprah tentang yang satu ini. Ada yang menganggap SW itu jenis sablon yang tipis & halus handfeel-nya. Ada yang menganggap SW itu cabut warna, plastisol, sablon raster, hanya bisa sekali sablon (1x naik cetak saja), hanya untuk di bahan dasar gelap, hanya untuk design gambar yang besar, bahkan parahnya ada yang menganggap SW itu "benar-benar" putih" (sesuai dengan arti harafiah Inggris-nya). Namun, semuanya itu ada benarnya. Yang penting jangan diartikan satu persatu. Semuanya dalam hal sablon itu adalah satu kesatuan.

Pada dasarnya, Super White itu adalah jenis sablon plastisol waterbase. Ya!! Jenis plastisol berbasis air. Mengapa harus Super White? Super White dipilih karena teknik sablon ini memiliki karakter yang halus & lembut handfeel-nya. Kelihatan tipis, namun mampu menutupi warna bahan dasar gelap. Biarpun kelihatan agak terawang, tapi SW ini mempunyai keunikan tersendiri, yakni hasil yang lebih merata di semua bagian sablon dan seperti menyatu dengan bahan. Plus SW sangat cocok untuk design yang mengandalkan teknik film cabut warna yang mengutamakan raster halus dengan lpi (line per inch) tinggi.

NOTE: Gambar dari kiri ke kanan
- INSIGHT: superwhite 4 warna dengan raster 65 di atas bahan cotton combed.
- VIQTORIQUE: superwhite 14 warna di atas bahan cotton combed.

Gallery jenis-jenis sablon:
- Regular Print
- Pigment Print
- Photo Print
- Semi Rubber Print
- Super White
- Multilayer Print
- Flock Print
- Foil Print
- Puff Print
- Pearl Perfect
- Rubber Gold / Silver
- Glitter Print
- Transfer Print
- Sublimation
- Garment Print
- Crack Print
- Burn Out
- Discharge Print
- Reflective Print
- Glow In The Dark
- Silicone Gel Print

62 comments:

  1. tiap tiap jenis sablon apa ada kekurangannya gan? ane awam yg beginian :D

    ReplyDelete
  2. Setiap jenis sablon masing2 ada keunggulannya bila diterapkan di bahan & design yg sesuai dgn karakternya.

    ReplyDelete
  3. jadi kalau dilihat dari hasilnya, sablon superwhite (SW) itu.. sablon yang tintanya menyatu dengan kain ?? benar kan ??

    beda dengan rubber, yang menempel di atas kain..

    ReplyDelete
  4. Boleh dibilang begitu, tapi bukan berarti menyatu dengan bahan. Secara handfeel, superwhite unggul di atas rubber. Karena sangat soft & halus yg seakan-akan nyatu dengan bahan. Yg benar2 menyatu dengan bahan itu pigment print (sering disebut cat air). Ada juga discharge print (sering disebut cabut warna). Untuk hasil dari teknik sablon ini, sablonan tidak akan rontok seumur hidup :)

    ReplyDelete
  5. trus kalo misalnya kita punya desain yang warnanya buanyak bgt, untuk hasil terbaik sebaiknya pake sablon apa bos?

    ReplyDelete
  6. nah,.kalo seandainya mau buat jersey sepakbola/futsal sebaiknya pakai sablon superwhite dong...

    ReplyDelete
  7. @ Rizky:
    Wah.. kelamaan balesnya nih, lupa :)
    Kalau emang warnanya banyak begitu, misalnya di atas 10 warna, apalagi kalau designnya banyak rasteran. Saran sih mendingan langsung pake teknik photoprint aja alias separasi. Irit screen yg otomatis ongkos cetak jadi gak terlalu mahal.

    @ Anonymous on 1st July:
    Bole2 aja kaos jersey pakai superwhite. Tapi harus diingat, bahan jersey biasanya pakai hyget (kelas murah), dryfit (kelas standard) atau bahkan nylon polyester. Biasanya bahan begituan banyak kandungan polyester-nya yg artinya kalau salah racikan bisa beresiko rontok. Kalau kaos jersey-nya dasar putih, mendingan langsung pakai pigment print aja. Sablonan nyerap ke bahan, handfeel halus, dipakainya juga gak kaku.

    ReplyDelete
  8. permisi gan. mau nanya nih, klo jenis sablon super white bisa di semua warna kaos yah gan?? trus bisa buat semua bahan kaos yah gan??

    ReplyDelete
  9. Superwhite bisa di semua warna kaos, namun untuk bahan berwarna gelap (misalnya hitam), agak susah nutup seperti masih terawang ground hitamnya. Karena karakter superwhite tidak seperti rubber yg sanggup nutupin ground bahan. Superwhite lebih mengutamakan handfeel. Trus untuk bahan kaosnya sendiri ya tergantung pakai bahan apa? Tapi pada umumnya bisa di rata2 bahan kaos kok.

    ReplyDelete
  10. makasi pencerahannya gan :)sukses terus yah gan :D

    ReplyDelete
  11. satu pertanyaan lagi tentang super white (SW) gan. klo bedanya super white dgn discharge pengaplikasiannya di kaos apa gan??

    ReplyDelete
  12. Discharge print biasa disebut juga sablon cabut warna. Discharge umumnya diaplikasikan untuk bahan warna gelap, teknik sablon ini mengutamakan handfeel yg halus biarpun di bahan warna gelap handfeel tetap terasa sangat halus, sama dengan teknik sablon pigment print di bahan warna putih/terang. Penjelasan tentang discharge akan lebih maksimal bila bisa langsung melihat sample fisiknya. Golongan superwhite udah berbeda dengan discharge, superwhite boleh dibilang imitasi dari discharge untuk golongan cat pasta.

    ReplyDelete
  13. terus bagaimana kualitas super white dibandingkan dengan rubber??

    ReplyDelete
  14. Masalah kualitas tergantung dari harga. Orderan yg minta harga murah otomatis kualitasnya di bawah orderan yg harganya normal bahkan yg minta lebih bagus. Semua teknik sablon ada keunggulan & kelemahan masing2, tidak bisa langsung dibandingkan seperti itu. Sangat tergantung pada medianya juga, teknik sablon tersebut diaplikasikan kemana? Silahkan baca juga article Regular Print.

    ReplyDelete
  15. super white ini untuk cetak manual kan ya gan ?

    ReplyDelete
  16. gan,sya lgi buat kaos tim futsal,,,
    bhan x meggunkan dry fit,ditmbah dgan jnis sblon SW,,,
    mnurt agan itu hsil x akan bgus gk ya?
    trimkasih,,,

    ReplyDelete
  17. Sepengalaman saya, untuk kaos2 jersey paling bagus adalah menggunakan teknik sublimasi. Namun untuk personal otomatis tidak memungkinkan karena terbentur dengan quantity. Sublimasi mengharuskan minimum order 1000-2000pcs. Then, kalau bahan drifit menggunakan teknik superwhite hanya bisa maksimal di bahan warna muda. Akan lebih bagus superwhite dikombinasikan dengan rubber, jadi bisa main di bahan warna apa saja. Ini menurut opini saya :)

    ReplyDelete
  18. warna bahan kta menggunkan warna biru,,sedangkan wrna sablon kita meggunakan warna hitam,,,
    mnurt agan ap itu cocok dah bhan drifit dicmpur sblon SW?

    ReplyDelete
  19. sya menggunakan bhan wrna biru dan sablon warna hitam,,,
    mnrut agan cocok gk dgan bhan drifit dicampur sablon sw?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sablonannya warna hitam saya rasa ga perlu pakai sw. Pakai pigment print (waterbase) aja udah ok kok. Itu jenis sablonan yg nyerap ke bahan, handfeel halus..

      Delete
  20. gan ane mo nanya nih ,kalo kaos bahan combed 30s warna putih , cocoknya pake bahan rubber , DTG , atau super white ya gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semuanya bisa aja gan, tergantung dari design ente :)
      Pake pigment (cat air) juga ok kok..

      Delete
  21. nah, sekarang giliran ane yang nanya...
    kalau yang banyak warna, seperti contoh gambar anime itu hasilnya bagus gak ya kalau di superwhite? jenisnya vector kartun...

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak masalah masbro..
      gambar yg di halaman ini hasil produksi kok :)

      Delete
  22. sorry agak OOT, ane dapet orderan sepatu bahan denim dan buyernya minta ada efek belel-nya. Kira2 pake apa ya bikin efek belelnya? kalo di spray pake cat discharge bisa nggak bro?...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf gan.. Ane sih kurang berpengalaman dalam hal ini. Yg pasti dicoba aja dulu satu kalau emang udah jadi sepatunya. Tapi kalau belum jadi sepatu kenapa harus pakai spray? Langsung print aja kan bisa toh..?!

      Delete
  23. Gan ane mau nanya nih klo hoodie SW non mercury itu mksudnya apa ya?
    sablonannya bisa luntur gk sih klo SW?
    Apa bedanya sama fleece?
    Mohon pencerahannya gan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. SW non mercury kira2 maksudnya bahan yg tanpa timbal, tanpa zat2 berbahaya dech. Sablonan bisa luntur atau kaga itu tergantung dari racikan masing2 si vendor sablon. Salah racik ya bermasalah..
      Fleece itu nama bahan gan, yg biasa dipakai buat sweater atau hoodie. Gak ada hubungan dengan sablon.

      Delete
    2. gan kalo kaos yg berbahan katun combed itu paling cocok menggunakan teknik sablon apa ya? thanks :)

      Delete
    3. Sebenarnya kalau bahannya cotton combed itu udah paling gampang sablonnya. Hampir semua teknik sablon bisa diterapkan di bahan yg satu ini.

      Delete
  24. gan, untuk kaos yg berbahan Katun Combed itu paling cocok pake sablon apa ya yg awet tapi hasilnya jelas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awet tidaknya hasil sablon, itu sangat tergantung dari racikan & bahan baku yg dipakai. Bila Bahan baku murah, ya jangan harap hasilnya bagus. Ada harga, ada kualitas lah..
      Then.. hasil jelas gak jelasnya itu sangat tergantung dari si operator sablon itu sendiri. Semakin tinggi jam terbangnya ya akan semakin bagus pula hasil sablonan yg dihasilkan ;)

      Delete
  25. Gan, ane mau tanya nih, kalo ane mau nyablon diatas kain katun berwarna untuk bikin sprei ( hijau, kuning, biru, dll )tapi hasil warna sablonnya ingin warna putih dan hasil handfeelnya halus ( alias tidak terasa ada perbedaan ), bagusnya pake cat apa yah gan ? ane coba pake hybrid malah ga keluar warna putihnya, hasilnya jadi transparan ..terus coba pake superwhite, memang keluar warna putihnya tapi masih agak terasa sedikit bila diraba... :(

    mohon maaf ane baru pertama kali menyablon jadi masih kurang berpengalaman dalam hal sablon, Mohon pencerahannya gan ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pada dasarnya hybrid itu kan emang transparan gan, biasanya untuk bahan warna putih. Then untuk sablon di atas bahan berwarna gak ada cara lain kecuali ya musti pake rubber dengan catatan pasti handfeelnya berasa banget, pake superwhite dan handfeelnya lebih halus tapi tetap berasa. Kecuali pake teknik discharge print, tapi putihnya tidak putih bersih. Seperti putih gading (off white / broken white) begitu..

      Delete
  26. Gan mau tanya nih! kan aku nyablon pake SW terus aku campur sama pigmen item, kalo aku sablonin di baju Combed 30's bagian depan itu kok tembus ya gan di bagian baliknya?
    mohon pencerahannya gan!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pada dasarnya bahan combed 30s udah cukup tipis. Kalau maksud agan terawang itu pasti. Tapi kalau ceritanya tembus, bisa jadi karena catnya terlalu encer. Jadinya langsung merembes ke belakang.

      Delete
  27. gan mau tnya niih..
    kalo tinta superwhite itu kiranya aman gak ya dipakai 2x lapisan? karna bahan dasar hitam, kebutuhan yang diinginkan hasil sablon yang kontras tetapi handfeelnya halus.. (yang saya dapati sih tintanya pecah bila bahannya ditarik, lalu jika diusap tintanya sdikit pudar seperti kapur, emg seperti itu ya? hiks..) terus kiranya maksimal keringnya tinta superwhite itu sampai berapa lama ya.. agar awet disaat kena cuci? trimakasih.. Regards!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga masalah gan.. mau tinta superwhite atau tinta lainnya ga ada problem ditimpa berapa kali. Sampai 10x pun ga masalah yg penting timpanya jgn meleset, kalau meleset ya gambarnya jadi 2. Haha.. Kalau dasar bahan hitam, sementara pengen hasilnya tetap bisa solid (bisa nutupin ground bahan).. tambahin aja dengan superwhite yg putihnya jangan yg warnanya. Then kalau tinta superwhite itu kalau bahannya ditarik biasanya emang pasti serat bahan kebuka (mungkin ini yg agan maksud pecah). Tapi setelah dilepas lagi ya normal kembali. Ini bedanya superwhite dengan rubber. Kalau masalah tintanya pudar seperti kapur itu masalah gan. Hasil sablon yg bener gak boleh begitu, harus tahan cuci gan. Ini mungkin problemnya ya kalau gak tinta yg murah, berarti pengeringannya kurang lama. Atau bisa juga campuran auxiliary nya gak cocok. Untuk kering maksimal biasanya 1-2 jam juga udah kering. Tapi alangkah baiknya jangan dipaksa kering pakai hairdryer. Misalnya hari ini selesai cetak, ya besoknya baru finishing. Ya setidaknya uda dijemur 8 jam gitu deh..
      Kembali kasih.. :)

      Delete
  28. Sw itu jenis sablon yg agak timbul ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kaga gan.. justru sablon superwhite ini handfeelnya lebih halus daripada rubber biasa.

      Delete
  29. Maaf ikut nanya, unt rubber superwhite biar hasilnya maksimal cara gimana ?
    sw yg dipasaran yang bagus apa ?
    matsui apakah udah bagus ? atau ada yg lebih bagus lagi ?
    apabila pecahan film numpang sablon pakai sw bagus ngak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf bung Dwi, untuk hasil maksimal kalau dijelasin di teori susah sepertinya. Biasanya ini akan didapat dari praktek langsung, semakin hari pasti semakin bagus hasilnya kalau memang dinilai sekarang masih kurang maksimal. Untuk bahan baku di pasaran yg bagus saya ga bisa sebutkan merk disini. Yg pasti dari masing2 supplier saya rasa pasti bisa dimintain sample untuk kita coba langsung atau sample hasil sablon mereka. Dan yg terakhir "pecahan film numpang sablon" ini saya agak kurang paham maksudnya bagaimana ya?

      Delete
  30. Ikutan nanya yaa gan.. kalo sablon bahan dri fit warna bahan cerah atau warna bahan gelap bagus nya SW pake campuran nya apa aja gan...

    ReplyDelete
  31. Ikutan nanya yaa gan.. kalo sablon bahan dri fit warna bahan cerah atau warna bahan gelap bagus nya SW pake campuran nya apa aja gan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sorry gan.. pertanyaan nya kurang komplit nih, jadi ga jelas tuh maksudnya bagaimana? Emang agan mau campur SW pake apa aja?

      Delete
  32. salut sama si agan ini, telaten banget ngejawab pertanyaan satu2.. hahaha
    biasanya warna sablon superwhite itu cepet pudar gak gan?
    ane punya kaos distro, sablonnya nyatu sama bahan, tapi ane gak tau itu superwhite apa bukan, belum sampe setaun sablonnya udah mulai pudar..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha.. bisa aja agan ini :)
      Aslinya anak2 distro suka pakai sablon superwhite karena nguber handfeel halus & warna tidak terlalu bright, jadi seperti nyatu dengan bahan. Seakan2 baju itu udah lama dipakai, kesannya vintage gitu deh.. Tapi bukan artinya pudar gan, kalau pudar berarti auxiliary / catalyst nya kurang donk :(
      Tapi agan udah pake berapa kali nih? Kalau pakainya seminggu 2x, trus rutin selama setengah tahun, wajar kali warnanya pudar? Kan cuci & jemur terus, haha...
      Terakhir.. coba agan liat baju bagian dalamnya, apakah gambar sablonannya tembus ke bagian dalam baju ga? Kalau tembus, itu positif "discharge print". Sablonan persis nyatu dengan bahan, sama sekali tidak berasa & pastinya sangat nyaman dipakai. Warna sablon bisa memudar, tapi tidak akan rontok seumur hidup :)

      Delete
  33. thanks infonya gan.
    pengen jual kaos jga, tapi bingung masalah kualitasnya :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2.. senang bisa membantu :)

      Delete
    2. info yg jual SW dimana ya sekitar jakarta/bogor..makasih..

      Delete
    3. maaf mas bro, saya ga bisa info nama/alamat toko siapa aja disini. bisa gooling kok bro :)

      Delete
  34. Perbedaan Rubber white dan super white? Dan Rubber netral dan clear apa y gan? Sorry saya mash pemula gan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rubber white itu pasta putih. Rubber netral itu pasta warna. Rubber clear itu pasta transparan. Super white itu salah satu jenis pasta yg berbeda lagi. Semoga membantu :)

      Delete
  35. ass...
    gan mau tanya, kalo nyablon di bahan kattun 30s warna hitam, sablonan warna putih/color warna lebih keliatan tapi hasil sof/halus menyerap kedalam bisa menggunakan matsui sw 0116 tidak? atau ada tambahan lain?
    terima kasih.
    wass...

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk hal ini saya kurang bisa menjawab karena menyangkut merek tertentu. diharapkan bung Abas bisa mampir ke toko tempat beli cat trus tanyain lebih jelas lagi tentang produknya apakah perlu tambahan khusus atau bagaimana? tapi pada dasarnya untuk hasil lebih lembut ya bisa ditambahkan sedikit softener sekitar 1-2%. semoga bisa membantu :)

      Delete
  36. bos mau tanya...apakah tinta super white bsa d kombinasikan dg rubber & gmn hasilnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tentu bisa gan.. hasil akan tetap maksimal kl dikerjakan dg benar :)

      Delete
  37. admin , saya ingin bertanya , kalo mau sablon pake superwhite haarus d campur pasta warna lagi gak, terus untuk mengencerkannya pae apa ? apa benar pake binder, saya pernah pake binder yang banyak yang ada malah cepet kering di screen .. mohon jawabannya admin makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. bole ya bole tidak gan.. tergantung selera & permintaan tentunya. lalu.. setahu sy superwhite uda cukup empuk gan, seharusnya ga perlu diencerkan lg deh.. ini hny dr pengalaman sy aja sih..

      Delete
  38. Gan campuran superwhite agar bagus itu apa ya.. Ak kok coba hasilnya tembus di belakangnya.. Apa masalah pigmennya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kl pertanyaannya ttg merk tertentu, sy ga bs menjawab gan. tp kl hasil cetak bs sampai tembus ke bagian belakanga bahan sepertinya cat terlalu encer gan

      Delete